Belukap Mangrove Club IK UR
Bukti Konkrit Ceriops tagal, Spesies Mangrove Terkuat Dari Spesies Mangrove yang Lain

Pekanbaru – bmcmangrove.blogspot. Biru Lautku! Tumbuhan mangrove di Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia, baik dari segi kuantitas area (± 42.550 Km2) maupun jumlah species (± 45 species) (Spalding et al. 2001). Mangrove mempunyai banyak sekali manfaat yang bersinggungan langsung dengan kehidupan manusia di daratan, mulai dari manfaat ekologi sampai dengan sebagai sumber pangan dan bahan bangunan.
Salah satu spesies yang banyak bermanfaat bagi kehidupan manusia pada khususnya adalah Ceriops tagal. Ceriops tagal merupakan pohon kecil atau semak dengan ketinggian mencapai 25 m. kulit kayu berwarna abu-abu dan kadang-kadang berwarna coklat, kulitnya halus dan pangkalnya menggelembung. Memiliki akar tunjang yang kecil. Ceriops tagal tergolong kedalam Kingdom Plantae, Divisi Magnoliopyta, Kelas Magnoliopsida, Ordo Malpighiales, Family Rhizophoraceae, Genus Ceriops dan Spesies Ceriops tagal.
Daunnya hijau mengkilap dan sering memiliki pinggiran yang melingkar ke dalam. Letak daun saling berlawanan dengan bentuk bulat telur terbalik/elips dan ujungnya membundar. Ukuran daunnya mencapai 1-10 x 2-3,5 cm.
Bunga Ceriops tagal mengelompok di ujung tandan. Gagang bunga panjang dan tipis, berresin pada ujung cabang baru atau pada ketiak cabang yang lebih tua. Letak bunganya di ketiak daun dengan formasi bunga mengelompok (5-10 bunga per kelompok). Daun mahkota ada 5, berwarna putih dan kemudian jadi coklat. Kelopak bunga ada 5 berwarna hijau dengan panjang 4- 5 mm, sedangkan panjang tabung kelopak bunganya 2 mm. Pada benang sari, tangkai benang sari lebih panjang dari kepala sarinya yang tumpul.
Panjang buahnya 1,5-2 cm dengan tabung kelopak yang melengkung. Hipokotil berbintil, berkulit halus, agak menggelembung dan seringkali agak pendek. Leher kotilodon menjadi kuning jika sudah matang/dewasa. Ukuran panjang hipokotil 4-25 cm dan berdiameter 8-12 mm.
Ceriops tagal sering membentuk belukar yang rapat pada pinggir daratan dari hutan pasang surut dan/atau pada areal yang tergenang oleh pasang tinggi dengan tanah memiliki sistem pengeringan baik. Juga terdapat di sepanjang tambak. Menyukai substrat tanah liat dan kemungkinan berdampingan dengan C. decandra. Perbungaannya terjadi sepanjang tahun. Dilaporkan bahwa anakan jenis ini dapat membelah menjadi dua, dan regenerasi mereka dapat terjadi melalui salah satu anakan tersebut.
Adapun alasan mengapa Ceriops tagal lebih kuat dari spesies mangrove yang lain adalah :
1. Bahan bangunan
Kayu yang digunakan untuk pembuatan rumah pohon ini dari spesies Ceriops tagal
2. Bantalan rel kereta api
Kayu yang ada di bawah relnya, itu namanya bantalan rel dari spesies Ceriops tagal
3. Pegangan Parang
Kayu Ceriops tagal dimanfaatkan pada gagang parang
4. Kayu bakar
Terlihat kayu Ceriops tagal dimanfaatkan sebagai bahan kayu bakar


Hijau Pesisirku!

0 Responses

Posting Komentar