Belukap Mangrove Club IK UR

3 Keunikan Mangrove Memperoleh Oksigen yang Berbeda Dengan Tumbuhan Lain

Pekanbaru–bmcmangrove.blogspot. Biru Lautku! Kesanggupan jenis-jenis mangrove untuk hidup di habitat yang ekstrim adalah berkat kemampuannya beradaptasi terhadap sifat-sifat lingkungannya. Satu diantara adaptasi yang penting adalah sistem perakarannya. Berbeda dengan kebanyakan tumbuhan non-mangrove yang memperoleh oksigen untuk jaringan akarnya dari tanah, mangrove harus memperoleh oksigen untuk jaringan akar di bawah tanah langsung dari udara karena tanah sekitarnya tidak mengandung oksigen.
1. Marga Rhizophora mengatasi kebutuhan itu melalui pengembangan akar tunjang (stilt root) yang berkembang mulai dari atas tanah, tidak jarang dari ketinggian sampai lebih dari dua meter. Akar ini mempunyai banyak pori-pori atau lentiel yang berfungsi sebagai pintu-pintu pertukaran gas.
2. Marga Avicennia dan Sonneratia memiliki perangkat perakaran udarra yang berbeda bentuknya dari akar udara marga Rhizophora. Apabila akar tunjang marga Rhizophora tumbuh mulai dari bagian batang di atas tanah, maka pada marga Avicennia dan Sonneratia akar nafas ini berpangkal dari bagian akar kabel di bawah tanah dan tumbuh mencuat sampai 20-30 cm di atas substrat.
3. Marga Bruguiera dan Xylocarphus dilengkapi dengan akar lutut atau akar papan yang juga berfungsi pertukaran gas bagi jaringan akar bawah tanah.
Hijau Pesisirku!

0 Responses

Posting Komentar