Belukap Mangrove Club IK UR

Mangrove: Tingginya Kadar Garam, Bagaimana Mengatasinya?

Pekanbaru–bmcmangrove.blogspot. Biru Lautku! Tumbuhan mangrove mengatasi masalah tingginya kadar garam di laut dengan dua cara yaitu:
  1. Marga Rhizophora, Bruguiera dan Sonneratia kandungan garam mulai disaring sebelum memasuki jaringan tumbuhan yang bersangkutan. Maka cairan batangnya mempunyai kadar garam yang relatif rendah yaitu 1/100 dari konsentrasi air laut. Kendatipun demikian kadar garam cairan mangrove di atas masih 10 kali lebih pekat daripada cairan tumbuhan bukan mangrove.
  2. Marga Avicennia, Aegiceras dan Aegialitis. Jenis-jenis tumbuhan dari ketiga marga ini mengeluarkan garam melalui alat khusus yang disebut kelenjar garam (salt gland). Alat-alat ini terdapat di permukaan daun kemudian terlepas dari daun. Cairan batang tumbuhan mangrove tipe ini mengandung kadar garam relatif tinggi yaitu 10% dari kadar garam air laut (Tomlinson, 1983). Dari data tersebut terlihat bahwa penyaringan garam dari air laut telah terjadi sehingga kadar garam cairan tumbuhan telah jauh menurun namun belum tuntas.
Hijau Pesisirku!

0 Responses

Posting Komentar