Belukap Mangrove Club IK UR

Kunjungan Presiden Mahasiswa dan Menteri Lingkungan Hidup BEM UR Ke BMC
PEKANBARU (BMC) – Presiden Mahasiswa Novri Andri Yulan dan Menteri Lingkungan Hidup BEM UR Zulkariman beserta rombongan telah berkunjung ke BMC tanggal 22 November 2011, dalam hal sosialisai kegiatan KLH BEM UR ‘Green Campus’. Kunjungan tersebut didampingi oleh beberapa Tim Teknis Badan Eksekutif Mahasiswa UR.
Presiden Mahasiswa dan Menteri Lingkungan Hidup beserta rombongan disambut langsung oleh Ketua Umum BMC Belukers Syahrial di depan pintu ruang rapat BMC. Kunjungan berlangsung sekitar 2 jam dengan urutan acara : 1) Kata sambutan dari Ketua Umum BMC Belukers Syahrial dan Presiden Mahasiswa Novri Andri Yulan; 2) Acara dilanjutkan dengan penyampaian profil BMC oleh Belukers Fahriansyah, penjelasan pemanfaatan PUSDIKROVE BMC berbasis 4P oleh Belukers Syahrial dan sosialisasi ‘Green Campus’ oleh Menteri Lingkungan Hidup BEM UR Saudara Zulkariman; 3) Diskusi tentang Green Campus membentuk karakter Universitas Riau; 4) Penyerahan cinderamata sebagai kenang-kenangan.
Dalam sambutan tuan rumah, diwakili Ketua Umum BMC Belukers Syahrial menyatakan bahwa sekarang ini BMC mengelola area hutan mangrove di Kampus Marine Station Dumai (PUSDIKROVE) milik Universitas Riau seluas 25 ha yang telah mencerminkan wacana Green Campus oleh KLH BEM UR. Kedepannya, Kampus Marine Station Dumai khususnya PUSDIKROVE BMC akan diusahakan sebagai laboratorium alam, ekowisata mangrove dan pusat konservasi mangrove menjadi ruang terbuka hijau di sudut kota industri kebanggan Provinsi Riau ini.
Dalam suasana yang begitu akrab ini, dilanjutkan diskusi membentuk karakter Universitas Riau sebagai green campus. Baik Belukers BMC maupun rombongan BEM UR saling memberikan pendapat agar Universitas Riau dicap sebagai universitas cinta lingkungan. Ketua Umum BMC Belukers Syahrial berpendapat : 1) Program ini harus didukung oleh seluruh kalangan mahasiswa UR, KLH BEM UR harus mensosialisasikan green campus kesemua HIMA yang ada di Universitas Riau; 2) Pada saat PKA (Perkenalan Kegiatan Akademik), seluruh fakultas harus menanamkan kepada mahasiswa baru arti pentingnya lingkungan itu sendiri seperti one man one tree; 3) Dibuat suatu kawasan untuk memparkirkan kendaraan roda empat dan roda dua, agar semua mahasiswa UR berjalan kaki ataupun bersepeda menuju kampus; 4) Membuat slogan-slogan lingkungan yang memacu diri mahasiswa agar selalu cinta lingkungan disemua pintu masuk universitas maupun fakultas dan di jalan-jalan persimpangan Universitas Riau; 5) Meminimalkan penggunaan kertas dalam menyelesaikan tugas akhir mahasiswa maupun tugas mingguan oleh dosen-dosen UR; 6) Setiap tamu UR, diwajibkan menanam satu pohon selain kewajiban mengisi buku tamu.
Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata sebagai kenang-kenangan dan foto bersama sebelum Presiden Mahasiswa dan Menteri Lingkungan Hidup BEM UR beserta rombongan meninggalkan ruang rapat BMC. Semoga dengan adanya kunjungan ini, mempererat silaturrahmi serta menambahkan kecintaan kita untuk menyelamatkan dan menjaga lingkungan di muka bumi ini. Amin. Biru Lautku Hijau Pesisirku!(ryl)

0 Responses

Posting Komentar