Belukap Mangrove Club IK UR

BMC Menanam 1.000 Mangrove Memperingati Hari Menanam Pohon (HMP)
PEKANBARU (BMC) – Presiden Soesilo Bambang Yudoyono mencanangkan Tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon (HMP). Minggu (27/11), Belukap Mangrove Club atau yang lebih dikenal BMC melaksanakan penanaman pohon 1000 bibit mangrove Rhizophora apiculata di kawasan PUSDIKROVE dalam rangka gerakan menanam 1 miliar pohon Tahun 2011.
Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu wujud kepedulian BMC terhadap lingkungan sekitar pesisir. Sasaran yang dipilih adalah lahan milik Universitas Riau di Stasiun Kelautan Dumai dengan harapan pengkayaan flora mangrove PUSDIKROVE BMC, sehingga fungsi sebagai perlindungan abrasi pantai tetap terjaga.
Ekosistem hutan mangrove memiliki fungsi ekologis, ekonomis dan sosial yang penting dalam pembangunan, khususnya di wilayah pesisir. Hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat, dimana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik, baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai, dimana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.(ryl)

0 Responses

Posting Komentar