Belukap Mangrove Club IK UR
Kamis, 08 Maret 2012
Mangrove Lestari di Desa Pengudang





Pengudang, Kabupaten Bintan (BMC)Desa Pengudang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Teluk Sebong Kabupaten Bintan Propinsi Kepulauan Riau dengan luas wilayah lebih kurang 54 Km2.
Batas-batas wilayah Desa Pengudang adalah sebagai berikut:
sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan, sebelah selatan berbatas dengan Desa Toapaya Selatan, sebelah barat berbatas dengan Desa Sri Bintan, dan sebelah timur berbatas dengan Desa Berakit.
Jarak dari Kabupaten Bintan ke Desa Pengudang sekitar dua jam dengan memakai sepeda motor, sedangkan jarak Desa Pengudang dengan ibu kota kecamatan sekitar satu jam.
Begitu banyak jenis mangrove yang hidup di sekitar perairan pesisir, khususnya di pemukiman penduduk, jalur transportasi masyarakat, kegiatan mata pencaharian, pariwisata, dan daerah konservasi bagi daerah lamun.
Mangrove yang mendominasi di daerah ini adalah Rhizophora sp, Xylocarpus sp, dan Avicennia sp, dan jenis mangrove ikutan, seperti Pandanus (padan berduri), Nypa fructicans (nipah), dan Passiflora foetida (buah pitri).
Rata-rata keadaan mangrove di lingkungan perairan Desa Pengudang sangat terjaga kelestariannya. Masyarakat sekitar turut serta dalam upaya penjagaan mangrove dari tindakan penebangan ilegal (illegal logging). (atkd)

0 Responses

Posting Komentar