Belukap Mangrove Club IK UR
Selasa, 20 Maret 2012
Praktikum Mahasiswa Jurusan Ilmu Tanah Faperta UR di Pusdikrove BMC 




Dumai (BMC) – Kampus UR Dumai merupakan kampus yang dikembangkan untuk kegiatan belajar mengajar bagi jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan Universitas Riau. Kampus ini dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa serta peneliti sebagai laboratorium alami. Kawasan mangrove ini selalu mendapat perhatian yang serius dikembangkan mengingat didukung oleh lingkungan yang baik.
Luas kawasan mangrove di Pusdikrove kurang lebih 23 ha dari total keseluruhan dengan kategori masih tergolong baik. Kawasan ini ditumbuhi 22 jenis mangrove yang telah berhasil teridentifikasi pada tahun 2008, yaitu jenis mangrove sejati, seperti Acrosticum sp, Avicennia alba, Avicennia marina, Bruguiera gymnorrhiza, Ceriops tagal, Lumnitzera littorea, Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Sonneratia spp, Xylocarpus spp, dan jenis mangrove tambahan, seperti Cerbera manghas, Derris trifoliata, Hibiscus tiliaceus, Pandanus sp, Passiflora foetida, dan Thespesia populnea.
Pada tanggal 17 Maret 2012, mahasiswa-mahasiswa Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian (Faperta) UR didampingi oleh Belukers BMC melakukan praktikum di Pusdikrove (Pusat Pendidikan Mangrove) BMC, Dumai. Dalam kegiatan ini, mahasiswa melakukan aksi penanaman lumpur dan pembibitan mangrove jenis Avicennia marina, Avicenia alba, dan Rhizophora apiculata.
Kegiatan praktikum ini dimaksudkan mempelajari pengelolaan lahan basah, khususnya mangrove yang dapat dijadikan sebagai kawasan konservasi dengan melakukan pembibitan terhadap jenis-jenis mangrove. (atkd)
0 Responses

Posting Komentar